Pemanfaatan Bahasa Indonesia Pada Tataran Ilmiah

Wacana berdasarkan tataran ilmiah

Contoh

Apakah “ Permata Perang

Intan, sejak lama dilihat sebagai lambing cinta abadi, juga menjadi bahan bakar yang nmenjaga nayala api pemberontakan dibeberapa bangsa berkembang di Afrika. Meskipun sebagian besar dunia mengenal tambang intan dan kartel intan afrika selatan, tetapi perdagangan gelap intan mentah baru belakangan saja mendapat perhatian internasional.

Para diplomat menyebut bantuan ini sebagai “intan konflik” karena mereka menjadi sumber dana untuk mendukung tentara pemberontak di Angola, kongo, Liberia, sierra Leone. Di Negara-negara yang sejak lama terjangkit perang saudara, seggenggam intan mentah bias membiayai pasukan yang ingin menggulingkan pemerintah.

Para pemberontak akan memenfaatkan pasar gelap untuk menjadikan batuan yang belum digosok itu sebagai uang sehingga menambah pada pasokan tak terkontrol intan-intan yang pasarannya dikendalikan san gat ketat.

Tetapi, per;lawanan terhadap aliran intan konflik meningkat. Pemimpin produsen intan di afrika, De Beers, mengajak mitra-mitra mereka untuk memboikot batuan tersebut masuk kepasar.

Perserikatan bangsa-bangsa (PBB) telah mengeluarkan sanksi khusus terhadap para pemberontak di Angola dan Sierra Leone, dan Kongres Amerika Serikat telah meyetujui perundangan yang mendukung upaya PBB mematahkan aliran permata-permata konflik ini.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s