Kepuasan Masyarakat Terhadap Manfaat Internet

Proposal

Kepuasan Masyarakat Terhadap Manfaat Internet

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dengan seiringnya perkembangan zaman yang semakin berkembang dan semakin canggih ini, Manusia sebagai makhluk hidup selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya baik kebutuhan batiniah maupun lahiriah. Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tidak selalu berjalan dengan mulus sesuai yang diharapkan, ada kalanya manusia mengalami hambatan untuk memenuhi kebutuhan mereka. manusia selalu mencari alternatif untuk mempermudah dan memenuhi kebutuhan mereka. Tak dapat dipungkiri  bahwa kemajuan pemikiran manusia yang senantiasa berupaya untuk menghasilkan hal-hal baru dalam hidupnya adalah hal wajar yang dilakukan sebagai makhluk yang berakal.

Perubahan social adalah perubahan fenomena social diberbagai tingkat kehidupan manusia,mulai dari tingkat individu hingga tingkat mendunia. Perubahan sosial dapat menimbulkan dampak positif dan negatif bagi peradaban manusia itu sendiri. Dampak positif yang dahpat terjadi adalah adanya kemajuan di bidang ekonomi, politik, sosial, teknologi dan bidang-bidang lain yang terkait. Sedangkan dampak negatif yang mungkin terjadi adalah meningkatnya konsumsi dunia yang menyebabkan menurunnya daya kreatifitas manusia dan kurangnya pengetahuan mengenai kemajuan terhadap teknologi diberbagai bidang yang terkait.

Dengan adanya internet semua yang diperlukan manusia yang berakal. mereka dapat memperoleh berbagai informasi mengenai apa saja yang  diperlukan.baik dalam mencari segala informasi mengenai apapun, sedangkan yang dimaksud dengan internet adalah salah satu hasil dari perubahan sosial dalam kemajuan teknologi. Internet merupakan sekumpulan jaringan computer yang menghubungkan situs akademis, pemerintahan, komersial, organisasi dan perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Dengan adanya Perkembangan penggunaan internet sebagai alat komunikasi juga tidak akan lepas dari kondisi sosial budaya yang menjadi latar belakang keperluan manusia dalam berinteraksi. Situs-situs akademis, situs penjualan (online shop), dan situs-situs pertemanan seperti facebook, twitter, friendster juga muncul akibat perubahan sosial budaya. Seiring dengan berjalannya waktu penggunaan internet sebagai alat komunikasi semakin digemari disetiap elemen masyarakat , karena dengan internet kita dapat berkomunikasi dengan cepat dan murah. Kita dapat mengirim e-mail, chatting, video conference dengan pihak lain di dalam dan luar negeri. Hidup semakin dipermudah dengan adanya internet, dengan internet kita juga dapat bertransaksi ekonomi, dengan internet kita dapat menjual berbisnis online, seperti dalam situs kaskus, ataupun dengan menjual barang-barang lewat blog maupun situs pertemanan. Tapi dalam setiap perubahan sosial yang tercermin dalam penggunaan internet perlu dikaji untuk menambah pemahaman tentang dampak positif ataupun negatif mengenai penggunaan internet sebagai alat komunikasi, khususnya pada situs-situs pertemanan seperti facebook, twitter, dan friendster.dengan adanya internet semua yang dibutuhkan untuk mencari berbagai informasi sangatlah mudah.

1.2 Perumusan Masalah atau Batasan Masalah

Kepuasan  masyarakat mengenai pemanfaatan internet ini, mereka dapat memperoleh berbagai informasi yang diperlukan. Dan senantiasa menghasilkan hal-hal yang baru dalam setiap perkembangan zaman. Serta menimbulkan adanya perubahan fenomena social diberbagai tingkat kehidupan. Dan hidup jadi lebih dipermudah dengan adanya internet dikehidupan.

Lingkup batasan masalah adalah

  1. Bagaimana dampak postif dan negatif dalam penggunaan internet sebagai alat komunikasi?
  2. Bagaimana pengaruh perubahan sosial dalam pola komunikasi masyarakat?
  3. Bagaimana perkembangan kondisi  penggunaan internet dalam alat komunikasi?
  4. Bagaimana peran pemerintah dalam menjaga etika penggunaan internet sebagai alat komunikasi?
  5. Bagaimana pemahaman tentang pengkajian penggunaan internet sebagai alat komunikasi, khususnya pada situs-situs pertemanan?

1.3       Tujuan Penelitian

  1. Mengetahui pengaruh perubahan sosial dalam pola komunikasi masyarakat
  2. Mengetahui dampak positif dan negatif dari penggunaan internet sebagai alat komunikasi
  3. Mengetahui perkembangan kondisi  penggunaan internet dalam alat komunikasi
  4. Mengetahui peran pemerintah dalam menjaga etika penggunaan internet sebagai alat komunikasi.
  5. Mengetahui pemahaman tentang pengkajian penggunaan internet sebagai alat komunikasi, khususnya pada situs-situs pertemanan.

1.4 Sistematika

Untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan secara lebih focus serta mempermudah penalaran, pembahasan, dan penulisan ini disusun secara sistematika sebagai berikut :

Bab pendahuluan

Bab ini merupakan pendahuluan yang menguraikan antara lain latar belakang penelitian, tujuan penelitian, batasan masalah  atau rumusan masalah serta sistematika pelaporan. Bab ini mengurai tentang kepuasan masyarakat tentang manfaat internet dimasa kini yang sangat membantu dalam segala berbagai informasi yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s